Home » 6 Langkah dan Cara Pasang RAM Laptop Dengan Mudah, Pemula Juga Bisa!
Tips

6 Langkah dan Cara Pasang RAM Laptop Dengan Mudah, Pemula Juga Bisa!

Biasanya, laptop yang lemot atau lambat memang seringkali menganggu dan menjadi masalah yang menjengkelkan. Lemotnya laptop ini bisa terjadi saat membuka software atau saat sedang mengerjakan sesuatu. Hal ini pun terkadang disebabkan oleh RAM yang terpasang kurang baik, sehingga perlu mengetahui cara pasang ram laptop dengan baik dan benar.

Masalah yang menyebabkan hal ini juga ada banyak. Mulai dari virus, CGA, hingga software yang terlalu berat dan masih permasalahan lainnya. Namun, hal yang paling sering terjadi adalah karena masalah dari memori random access memory atau RAM yang tak memadai.

Masalah dari problem ini adalah karena jumlahnya yang terlalu kecil. Saat RAM dari suatu laptop tersebut memiliki kapasitas yang kecil, hal itu hanya bisa membuat kalian dapat membuka beberapa aplikasi secara bersamaan saja dan tak bisa membantu kalian dalam multi tasking.

Karena itulah, solusi yang banyak disarankan oleh para tukang yang membenarkan laptop adalah dengan menambah RAM tersebut. Lalu. Bagaimana cara menambah ram laptop yang benar? Yuk simak di bawah.

1. Cek Dulu Slot RAM Laptop Kamu

Cek Dulu Slot RAM Laptop Kamu

Sebelum kalian membeli RAM fisik, ada baiknya kalian mengecek terlebih dulu slot RAM nya. Caranya adalah dengan membuka bagian bawah dari laptop tersebut. Biasanya akan ada satu slot kosong RAM yang bisa digunakan untuk menambah RAM.

Namun, tak jarang pula slotnya hanya satu dan sudah diisi oleh RAM. Kalau sudah begini, kalian bisa memilih untuk mengganti RAM tersebut dengan kapasitas yang lebih besar, bukan menambahkan RAM lagi.

2. Pastikan Slot RAM Tak Disolder Permanen

Pastikan Slot RAM Tak Disolder Permanen

Produsen laptop seringkali menggunakan RAM onboard alias RAM yang sudah disolder sehingga menempel secara permanen di motherboard. Alasannya adalah agar pembeli tergiur untuk mengganti laptopnya dengan laptop baru jika laptop lama mereka sudah terasa lemot.

Ini membuat kalian tak bisa mengganti RAM tersebut dengan RAM baru yang memiliki kapasitas lebih besar. Namun terkadang ada pula laptop yang menyediakan slot RAM tambahan.

Setelah itu, kalian juga harus terlebih dulu mengecek slot RAM apa yang dimiliki. Apakah DDR2, DDR3, atau DDR4, setiap tipe mempunyai pin yang berbeda sehingga harus sesuai. Lalu, tiap slot juga punya jumlah maksimum kapasitas RAM yang bisa ditampung.

Jangan sampai kalian membeli 1 keping RAM 8 GB dan kalian pasangkan pada slot yang hanya bisa menampung 4 GB saja.

3. Cek Tipe RAM dengan Kompatibilitas Laptop

Cek Tipe RAM dengan Kompatibilitas Laptop

Tiap keping RAM punya tipe nya masing – masing, mulai dari kapasitas, merk, hingga transfer rate. Jika laptop tersebut punya 2 slot RAM atau lebih, pastikan kalian mengisi tiap slot dengan keping RAM yang tipenya identik.

Hal ini akan berhubungan dengan kinerja RAM itu saat digunakan pada laptop. 2 keping RAM dengan ukuran, transfer rate, hingga merk yang berbeda membuat laptop kalian tak bekerja secara optimal.

4. Tentukan Ukuran dan Jenis RAM Yang Mau Di Upgrade

Tentukan Ukuran dan Jenis RAM Yang Mau Di Upgrade

Cara menambah RAM laptop selanjutnya adalah dengan menentukan ukuran serta jenis RAM yang akan di upgrade. RAM sendiri ada beberapa ragam. Jangan sampai kalian salah membelinya, apalagi jika kalian ingin mengganti RAM laptop tapi malah membeli RAM PC.

Pastikan terlebih dulu RAM jenis apa yang bisa kalian pasang di laptop kalian dan berapa ukurannya. Jika menambah RAM, sebaiknya kalian memilih yang ukurannya sama sehingga nanti RAM kalian jadi dua kali lipat.

Misalnya sekarang RAM laptop kalian 4GB, maka tambahkan RAM yang berukuran 4GB juga. Akan lebih baik juga jika kalian memilik yang merk serta transfer rate nya sama. Setelah menentukan, kalian bisa mulai mencari dan membeli RAM yang kalian mau.

5. Pasang RAM dan Rakit Kembali Laptop

Pasang RAM dan Rakit Kembali Laptop

Jika sudah membeli RAM, ini saatnya kalian membongkar laptop. Biasanya, cara membongkar laptop itu berbeda – beda, tergantung jenis laptop apa yang kalian gunakan. Kalian bisa melihatnya di buku panduan saat kalian membelinya ataupun mencari caranya di internet.

Jika sudah mendapatkan panduan yang tepat, cara memasang RAM di laptop selanjutnya adalah dengan mulai membongkar laptop kalian sampai kalian menemukan slot RAM tersebut. Kalau sudah ketemu, mulailah memasang RAM tambahan tersebut dengan posisi miring sambil ditekan masuk.

Pastikan semua bagian logam pin masuk ke dalam slot RAM. Pastikan juga tak keras atau tak ada bagian yang mengganjal. Lanjutkan proses memasang dengan menekan bagian RAM ke kunci RAM. Pastikan kedua kunci RAM mengeluarkan bunyi klik dan terpasang dengan baik.

Lalu, pastikan pula tak keras atau tak ada bagian yang mengganjal. Kalau sudah, kalian bisa rakit laptop kembali. Nyalakan lalu gunakan seperti biasa.

6. Bisa Juga Menambahkan RAM Via Virtual

Bisa Juga Menambahkan RAM Via Virtual

Cara satu ini bisa menjadi alternatif jika sewaktu – waktu kalian mau menambah RAM namun belum ada dana untuk membelinya. Namun, ada hal yang harus dikorbankan untuk melakukan ini, yaitu kapasitas hard disk kalian. Caranya adalah:

  • Cari Mu Computer atau layar yang menunjukkan partisi C
  • Klik kanan lalu pilih properties
  • Pilih advanced system setting
  • Kalian akan masuk ke opsi setting yang memiliki tabel performance
  • Lalu kalian akan dibawa ke layar performanced options. Pilih advanced
  • Akan ada tabel virtual memory. Klik opsi change dan hilangkan centang pada tulisan automatically managing paging size for all drives
  • Pilih partisi yang akan digunakan untuk virtual memory dan tentukan sendiri jumlah yang diinginkan. Misalnya 4000 MB untuk initial size dan 8000 MB untuk maksimum size.
  • Klik OK dan restart laptop

Itulah cara yang benar untuk memasang ram dual channel pada laptop kalian. Kalau kalian bingung, kalian mungkin bisa bertanya dulu pada ahlinya atau menonton youtube untuk cara – cara nya. Cara paling mudah adalah dengan membeli tambahan RAM dan memasangnya. Jadi, kalian harus bersabar jika belum punya dana namun laptop mulai ngambek. Semoga bermanfaat.